Arsitektur

Konten yang berisi materi, tugas, dan karya, khususnya saat menjadi mahasiswa arsitektur.

Grafis

Konten yang berisi kumpulan dan koleksi karya grafis pribadi.

Islam

Konten yang berisi pemahaman materi, perspektif pribadi, dan artikel ringan yang dikemas dalam bahasa yang mudah dimengerti.

Informatika

Konten yang berisi kumpulan materi dan karya dalam menggarap bidang informatika.

Wisata

Konten yang berisi catatan perjalanan dalam berwisata, baik berupa sekedar jalan-jalan, backpacking, studi banding, tour, dll.

Kamis, 30 Desember 2010

Ceritamu, Semua Hanya Tentangmu

Entah hasrat apa yang ada di benak ketika raga memiliki sedikit energi dalam gontainya hidup untuk mengabadikanmu di suatu rangkaian kata yang mungkin tak berarti. Hanya ungkapan dalam hati yang (mungkin) tak kan pernah bisa terucap oleh lisan secara langsung. Dari hati ke hati.

Teringat dari dulu hingga kini:

- Engkaulah makhluk terindah yang pertama kali ku lihat. Dan sampai saat ini akan menjadi yang terindah. Bahkan untuk selamanya engkaulah yang terindah.

- Engkaulah yang paling sabar mendengar tangis teriakanku di malam hari ketika yang lain menyebutku sebagai pengganggu tidur orang lain.

- Engkaulah yang rela menuntunku. Mengajariku jalan meski tertatih dan jatuh berulang kali.

- Engkaulah yang mengajarkanku mengucapkan kata ayah kepada beliau tanpa sebelumnya ku mengenalmu.

- Engkaulah yang menemaniku saat sendiri. Mengajakku bermain. Tanpa kusadar ternyata kau sedang mengajariku sesuatu yang sangat berarti.

- Engkaulah yang pertama. Yang mengajarkanku arti kasih dan sayang. Membaca kitab-Nya. Serta menyuruhku taat hanya kepada-Nya.

Terkenang saat-saat indah tak kan terlupa:

- Ciuman hangatmu ketika tubuh ini masih mungil.

- Belaian lembutmu ketika ku beranjak menuduki bangku sekolah dasar.

- Permen bertuliskan, "Good luck.", beberapa saat sebelum pembagian nilai hasil UN SMP.

- Hingga malam larut saat kau meminta ku ajarkan bagaimana cara mengunakan internet.

Apa yang bisa ku lakukan kini, belum tentu bisa kau lakukan sekarang. Namun tanpa jasa luar biasamu. Jelas ku tak kan bisa melakukan segalanya karena itu.

Jazakillah bi jannah umi. Afwan jiddan untuk kesalahan anakmu dulu hingga kini. Yang mungkin tidak pernah membalas satu kebaikan darimu yang mengalir deras. Semoga kelak disurga-Nya kita bisa bersama kembali.


Ditemani senandung Potret - Bunda
Bumi Allah, 15 Muharram 1432 H – 22 Desember 2010 M
Annas Ta’limuddin Maulana

Senin, 13 September 2010

SMS Yang Nyangkut Di HP

Bismillahirrahmanirrahim. Emang bener luar biasa kalau kita punya temen, sahabat, dsb., yang hobinya memberikan indahnya hikmah meski cuma dari pesan singkat alias SMS. Soalnya sering juga orang bijak ngomong kalau, "Terkadang hikmah bisa dateng dari mana aja. Meskipun kita pandang sumbernya adalah hal kecil.". Gitu ga sih? Hehe, ngarang.

Alhamdulillah, setelah sekian lama HP saya berjidiyah. Kurang lebih selama 6 tahun ini dan saya masih tetap setia meski udah ngedrop sebanyak 5 kali, tapi yang penting tu HP udah banyak banget kasih saya saran dan hikmah dari sahabat-sahabat saya. Dan entah musibah apa yang dateng, eh HP saya sekarang mulai punya kekuatan auto-delete, yakni kemampun pengendalian SMS yang bisa nge-delete sendiri karena udah full banget memorinya dan yang jelas kinerja HP-nya udah kurang bagus. Auto-delete-nya tuh random dan semua jenis file text bisa di-delete, mau yang ada di Inbox, Archive, bahkan sampai Outbox! Sedihlah.

Sang HP (Nokia 3200 keluaran tahun 2004) pernah berkata, "Nas, ketika saya kelak tiada, ingatlah apa yang telah kita lalui bersama. Ingatlah apa yang telah nyangkut pada diri ini yakni kepingan hikmah yang tak kan bisa terganti walau kelak diri ini terganti. Uhuk-uhuk –batuk ceritanya–.". Bo'ong bangetlah HP bisa bicara, tapi itu yang beneran saya rasakan –so sweet–.


Ini SMS hikmah yang ada di Inbox dan Archive saya yang bisa abadikan. Kalau ada pihak yang berkeberatan SMS-nya saya tampilkan, silakan hubungi ya. Semoga sama-sama kita dapat menjadi manfaat dari SMS-SMS ini:


21:39:58 | 21-08-2009

Penawaran Menarik dari Allah..
MAU ??
Alqur'an terdiri dr 340.740 huruf. Satu huruf dibaca= 1 kebaikan, yg digandakan jadi 10 kebaikan. 1 kebaikan= 700 pahala. Jadi khatam quran pahalnya= 10x700x340.740. Bulan ramadhan digandakan lgi. Jd rugi jika di bln ramadhan tdk khatam quran, dan mendalami maknanya..

Haidar Rausyanfikr Arrabbani

Subhanallah bangetlah ini SMS. Siapa yang ga terpacu khatam Qur'an coba kalau kita diiming-imingi 2.385.180.000 pahala. Pahala sebanyak 2,3 milyar, brader! Jazakumullah akh untuk SMS-nya.


07:56:34 | 20-09-2009

Allahumma innaka 'afuwun karim tuhibbul 'afwa fa'fu anna. Taqabbalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum. Jaga terus tilawahnya, qiyamullailnya dan shalat jama'ahnya. Dan jaga terus da'wah sekolah ini.

Muhammad Aria Rajasa Pohan

Ini satu-satunya SMS murabbi (pementor) saya selamu kurun waktu 2 tahun ini. Sedihlah. Tapi SMS ini sudah cukup untuk kembali bangkit dari keterpurukan dan mulai terbang tinggi menuju amalan syurgawi. Jazakumullah bi jannah.


21:40:47 | 06-12-2009

Hahah, untuk yang ini saya komen duluan. SMS ini dibuat sama Riandy waktu pementor kami a.k.a JJ a.k.a ka Aria Rajasa membuka lembaran hidup batu –sebut saja menikah– dengan seorang mujahidah sejati bernama teh Ayuningtyas Dian Permata Sari –yang saat tulisan ini dibuat, teh Ayu sedang mengandung–. Dari semua SMS yang nyangkut, entah mengapa saya paling suka SMS ini, hahaha. Rencananya saya sama Riandy mau so sweet-so sweet-an buat ngirim SMS syukuran walimah beliau berdua. Tapi karena saya ga punya kata-kata puitis yang galau gimanaaa gitu, akhirnya Riandy yang buatin dan isinya:

Hari ini, disebuah hari yg cerah di penghujung awal bulan desember, seseorang dari salah seorang yg ikut merubah alur dalam hidupku membuka lembaran baru. Lembaran baru yg terikat dalam sebuah jalinan ikatan yg suci, sebuah ikatan pernikahan. Barakallah K.J, semoga dgn adanya beban baru dalam kehidupan yg baru ini tidak menjadi halangan bagi K.J utk tetap istiqamah dalam membina, menempa, dan menasehati kami.

Riandy Rahman Nugraha

Suer, terharulah bacanya. Hihihihi.


21:11:59 | 02-03-2010

Do'a Nabi saw. u/pnyakit hti:'Ya Allah ak brlndng kpdMu dr ilmu yg tdk brmnfaat,hti yg tdk khusyuk,nafs yg tdk knyang,mata yg tdk mnangis,dn doa yg tdk diangkat'

Muhammad Gilang Mardiantara

SMS ini beliau tulis sebagai seorang kakak pembimbing DKM Al-Furqan bagian media –MDP = Media Dan Propaganda– yang tugasnya mengimbing saya gitulah pokoknya. Like that kang! Syukran.


21:10:46 | 04-03-2010

-..MDP..-

Bismillah.
Menjadi melati-lah meski tampak tak bermakna.
Sebab ia kan tebar harum wewangian tanpa meminta balasan.
Sebab ia bergitu putih seolah tanpa cacat.
Sebab ia tak takut hadapi angin dengan mungil tubuhnya.
Sebab ia tak ragu hadapi hujan yang membuatnya basah.
Sebab ia tak pernah iri melihat mawar yang merekah segar.
Sebab ia tak pernah malu pada bunga matahari yang menjulang tinggi.
Sebab ia tak pernah iri pada anggrek yang anggun.
Sebab ia tak pernah dengki pada tulip yang berwarna-warni.
Sebab ia tak gentar lau karena pahami hakikat hidupnya..
Melati menjadi bijak dengan dada yang lapang,&justru terlihat indah dengan segala kesederhanaan.
Menjadi apapun dirimu...bersyukurlah selalu. Sebab kau yang paling tahu siapa dirimu. Sebab kau yakini kekutanmu. Sebab kau sadari kelemahanmu...Tapi, tetaplah sadari bahwa kamu adalah hamba-Nya..

MD n' Pnguruz, Jaga kadar keimanan.

Fauzi Ramadhan

Kang Fauzi Ramadhan a.k.a Kang Uge juga pembimbing pengurus media dan SMS ini juga nominasi best of the best. Keren banget pemilihan diksinya kang.


07:29:57 | 07-08-2010

Semua org dewasa mulanya adalah anak2 (meskipun hanya sdkt dr mrk yg ingat).tak sdikit org dewasa yg lupa ttg fase-fase yg mereka lalui: SD,SMP,SMA,kuliah. Takada yg salah dgn fase-nya,tp bs jadi krn tak ada 'nilai perjuangan' yg mrk tiupkan pd fase2 tsb,shingga mudah skali dilupakan.
Hidup tidak dciptakan untk 'mengikuti arus' tp dciptakan untk mendaki kemungkinan2 tak terbatas.
Semangat teman! :)
Itsarpiration-team

Rahmi Ayu Umami

Ini SMS Itsarpiration-team pertama yang saya dapet. Itsarpiration itu nama tim yang entah seperti apa didalemnya, yang jelas katanya mereka mau ngasih semangat-semangat lewat SMS buat anak-anak ISAR yang duduk di bangku kelas XII SMA, bukan begitu teh Rahmi? Hehehe. SMS-nya mantep banget.


07:47:15 | 09-08-2010


Krn qt muslim,maka tak ada kt putus asa. Krn qt muslim,maka stiap lgkah adlh bagian utk mnunjukkan amal tbaik qt. Bgitu jg dg psiapan ujian akademis qt. Jangan pernah putus asa dr rahmatNya&do your best!:-D

I-Team

Rini Inggriani

Teh Rini juga personil Itsarpiration team, iya kan? Hehe, jazakillah teteh.


14:26:02 | 10-08-2010

Ingatlah dbalik sbuah kkuatan, trdpt AMANAH yg besar.

Ssungguhny tugas2 kita tak akan prnh hilang, mski tak mw mnmbil posisi sbg yh mngrjakanny. Tugas itu akn ttp ad yg mngrjkan.

Kita atau bkn kita

Maka dmnakah kita brperan? Sang phlawan pnanggung beban umat atau "pnonton brisan trblkng"?

Kmplkan hkmah dr keping2an hikmah yg trsbar

Maliha Mufidah

Subhanallah, SMS-nya nyepet banget tapi bagus, Mal.


09:29:40 | 13-08-2010

Untuk mengubah suatu hal, maka kita harus berada pd posisi dmana qt percaya untuk mengubah sesuatu itu.
I-Team

Rahmi Ayu Umami


09:21:44 | 16-08-2010

Semuanya memang tak slalu sjalan dg rencana qt.krn ketetapanNya adlh yg tbaik. Carilah hikmah yg tsembunyi dlm stiap takdirNya. Hingga diri akan terus bgerak dr 1takdir baik k takdir baik yg lain. Hingga diri btawakal. Krn keimanan bknlh mnyerah&tawakal bknlh pasrah.

I-Team

Rini Inggriani


09:45:44 | 23-08-2010

Milikilah karakter pemenang. Bkn yg tak pernah kalah,namun tak pernah mnyerah wlpn jatuh bkali2. Karena kau muslim,maka kau dilahirkan u/bjiwa pemenang. Karena kau muslim,maka tak ada kata mnyerah, Maka bjihadlah dg sbenar2 jihad!
I-Team

Rini Inggriani

Ini SMS I-Team yang paling saya suka.


10:46:45 | 25-08-2010


Engkau berpikir ttg dirimu sbg seonggok materi semata. padahal di dlm drmu trsimpan kekuatan tak terbatas -Ali bin abi thalib- Ayo gali potensimu sahabat!

Maliha Mufidah


20:48:28 | 30-08-2010

Kenalilah dirimu sendiri agar kau tahu apa yang kau miliki&kau inginkan. Tapi jangan lupa u/bpegang teguh pd tujuan hidupmu. Krn bkn tanpa alasan Allah menciptakan kita. Begitupun dg jurusan ygqt tuju. Kenali diri& pahami tujuan,hinggakau tau apa yg hrs kau pilih. Smangat!^^

I-Team

Rini Inggriani


02:34:30 | 31-08-2010


Aku tau NERAKA itu nyata adanya, tapi aku tidak berusaha MENJAUHINYA.Aku tau SURGA itu mahal adanya, tapi aku BERAMAL MALAS-MALASAN.
Aku tau WAKTU adalah nafas yang tidak pernah kembal, tapi aku BERBUAT SIA-SIA.
Aku tau COBAAN itu meningkatkan iman, tapi aku MENGELUH tentangnya.
Aku tau AJAL itu datang tiba-tiba, tapi aku selalu MENUNDA PERSIAPAN.
"Beramalah semaksimal yang kamu mampu. Sesungguhnya Allah tidak akan jemusampai kamu sendiri merasa jemu." (HR. Bukhari)

Maliha Mufidah

Ini juga saya suka. Dalem banget isinya. Dan termasuk nominasi SMS terbaik versi saya.


02:37:06 | 01-09-2010

Jika kamu berada di sore hari, jangan tunggu pagi hari datang, dan jika kamu berada di pagi hari, jangan tunggu sore hari.
Gunakanlah kesehatanmu untuk persiapan sakitmu, dan kehidupanmu untuk persiapan saat kematianmu. (HR. Bukhari)

Maliha Mufidah


03:11:10 | 06-09-2010

Yang kita butuhkan untuk menjadi LUAR BIASA hanyalah KAKI yang MELANGKAH lebih cepat dari biasanya. TANGAN yang BERBUAT lebih banyak dari biasanya, MULUT yang BERDO'A lebih banyak dari biasanya, dan HATI yang YAKIN pada kemampuan diri sendiri.

Maliha Mufidah


07:54:06 | 09-09-2010

Ketika wajah penat memikirkan dunia, Berwudhulah!! Ketika tangan letih menggapai cita, Bertakbirlah!! ketika pundak lelah menanggung beban, Bersujudlah!!
Ada Allah yang selalu mendekap erat dan berada di dekatmu melebihi urat nadimu.
Bahkan ketika tak satupun orang ada untukmu, Allah akan selalu ada untukmu.

Maliha Mufidah


23:12:36 |12-09-2010

Orangtua adlh orang terkasih yg pling dekat dg kita,tp mengapa kita lbh mencintai mereka drpd Allah,Dzat yg bahkan lbh dekat drpd urat leher kita?

Kerabat&sahabat adlh orang terkasih yg mampu mengukir tawa ditengah duka,tp mengapa kita lbh mencintai mereka dr[d Allah,yg mengutus Rasulullah & menurunkan Al-Qir'an yg merupakan obat dr segala penyakit hati(as-shifa)?

Mngpa kita lbh mencintai makhluk-Nya?Padahal ada Dzat yg Maha Sempurna dibalik semuanya.

Astika Anindya


14:38:30 | 13-09-2010

Byk org besar dg karyanya.Tp,dsinilah qt.Qt harusmengukir sejarah qt dg karya besar.Krn qt memang dilahirkan u membuat karya,bkn sekedar pngagum karya.

I-Team

Rini Inggriani


15:28:02 | 15-09-2010

Kekuatan OBSESI itu.. Sperti keinginan seseorg yg tenggelam d lautan untk mda[atkan udara d atas sana. Smakin ia tertekan, smakin ia meronta ingin naik. Smakin berkurang sisa napasnya, smakin ia berjuang untk mdptkan udara di atas sana. Baginya hanya ada 1 pilihan: berjuang untuk naik. Berhenti hanya berarti kematian. Begitulah seseorang yg punya obsesi,pilihannya hanya berjuang terus dan terus, g pernah ada kata brhenti & menyerah.
Semangat. C=
I-team

Rahmi Ayu Umami

The last sms dari I-Team

Itu semuanya. Total file text di HP saya cuma ada 20 SMS, dan itu berkurang tiap harinya. Heu. Jazakumullah untuk temen-temen yang udah ngasih secercah cahaya hikmah. Sebenernya masih ada SMS-SMS bagus yang suka nyampe, tapi hilang ditelan masa. Jazakumullah Marcel Tirawan, Habib Mufid Ridho, Stanijuanita Marantika, Rodliyatun Mardliyah, Astika Anindiya, Intan Zariska Daniyanti, Fany, ITSAR Call Centre dan temen-temen lain yang tentunya jelas ga akan bisa saya tulis satu-satu atas SMS-SMS hikmahnya. Semoga kita semua bisa bersama melangkahkan kaki ke surga dengan damai mengingat seluruh hikmah yang telah terucap.


Bumi Allah, 28 Ramadhan 1431 H – 9 September 2010 M
Semua Sahabat dan Semua SMS-nya

Minggu, 22 Agustus 2010

Khutbah Rasulullah saw. Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Wahai manusia! Sungguh telah datang pada kalian bulan Allah dengan membawa berkah rahmat dan maghfirah. Bulan yang paling mulia disisi Allah.

Hari-harinya adalah hari-hari yang paling utama. Malam-malamnya adalah malam-malam yang paling utama. Jam demi jamnya adalah jam-jam yang paling utama.

Inilah bulan ketika kamu diundang menjadi tetamu Allah dan dimuliakan oleh-Nya. Di bulan ini nafas-nafasmu menjadi tasbih, tidurmu ibadah, amal-amalmu diterima dan doa-doamu diijabah.


Bermohonlah kepada Allah Rabbmu dengan niat yang tulus dan hati yang suci agar Allah membimbingmu untuk melakukan shiyam dan membaca Kitab-Nya. Celakalah orang yang tidak mendapat ampunan Allah di bulan yang agung ini.

Kenanglah dengan rasa lapar dan hausmu, kelaparan dan kehausan di hari kiamat. Bersedekahlah kepada kaum fuqara dan masakin. Muliakanlah orang tuamu, sayangilah yang muda, sambungkanlah tali persaudaraanmu, jaga lidahmu, tahan pandanganmu dari apa yang tidak halal kamu memandangnya dan pendengaranmu dari apa yang tidak halal kamu
mendengarnya.

Kasihilah anak-anak yatim, niscaya dikasihi manusia anak-anak yatimmu. Bertaubatlah kepada Allah dari dosa-dosamu. Angkatlah tangan-tanganmu untuk berdo'a pada waktu shalatmu karena itulah saat-saat yang paling utama ketika Allah Azza wa Jalla memandang hamba-hamba-Nya dengan penuh kasih;

Dia menjawab mereka ketika mereka menyeru-Nya, menyambut mereka ketika mereka memanggil-Nya dan mengabulkan doa mereka ketika mereka berdoa kepada-Nya.

Wahai manusia! Sesungguhnya diri-dirimu tergadai karena amal-amalmu, maka bebaskanlah dengan istighfar. Punggung-punggungmu berat karena beban (dosa) mu, maka ringankanlah dengan memperpanjang sujudmu.

Ketahuilah! Allah ta'ala bersumpah dengan segala kebesaran-Nya bahwa Dia tidak akan mengadzab orang-orang yang shalat dan sujud, dan tidak akan mengancam mereka dengan neraka pada hari manusia berdiri di hadapan Rabbal-alamin.

Wahai manusia! Barang siapa di antaramu memberi buka kepada orang-orang mukmin yang berpuasa di bulan ini, maka di sisi Allah nilainya sama dengan membebaskan seorang budak dan dia diberi ampunan atas dosa-dosa yang lalu.

Sahabat-sahabat lain bertanya: "Ya Rasulullah! Tidaklah kami semua mampu berbuat demikian." Rasulullah meneruskan: Jagalah dirimu dari api neraka walau pun hanya dengan sebiji kurma. Jagalah dirimu dari api neraka walau pun hanya dengan seteguk air.

Wahai manusia! Siapa yang membaguskan akhlaknya di bulan ini ia akan berhasil melewati sirathol mustaqim pada hari ketika kaki-kaki tergelincir. Siapa yang meringankan pekerjaan orang-orang yang dimiliki tangan kanannya (pegawai atau pembantu) di bulan ini, Allah akan meringankan pemeriksaan-Nya di hari kiamat.

Barangsiapa menahan kejelekannya di bulan ini, Allah akan menahan murka-Nya pada hari ia berjumpa dengan-Nya.

Barang siapa memuliakan anak yatim di bulan ini, Allah akan memuliakanya pada hari ia berjumpa dengan-Nya. Barang siapa menyambungkan tali persaudaraan (silaturahmi) di bulan ini,
Allah akan menghubungkan dia dengan rahmat-Nya pada hari ia berjumpa dengan-Nya.

Barang siapa memutuskan kekeluargaan di bulan ini, Allah akan memutuskan rahmat-Nya pada hari ia berjumpa dengan-Nya. Barangsiapa melakukan shalat sunat di bulan ini, Allah akan menuliskan baginya kebebasan dari api neraka. Barangsiapa melakukan shalat fardu baginya ganjaran seperti melakukan 70 shalat fardu di bulan lain.

Barangsiapa memperbanyak shalawat kepadaku di bulan ini, Allah akan memberatkan timbangannya pada hari ketika timbangan meringan. Barangsiapa di bulan ini membaca satu ayat Al-Quran, ganjarannya sama seperti mengkhatam Al-Quran pada bulan-bulan yang lain.

Wahai manusia! Sesungguhnya pintu-pintu surga dibukakan bagimu, maka mintalah kepada Tuhanmu agar tidak pernah menutupkannya bagimu. Pintu-pintu neraka tertutup, maka mohonlah kepada Rabbmu untuk tidak akan pernah dibukakan bagimu.

Setan-setan terbelenggu, maka mintalah agar ia tak lagi pernah menguasaimu. Amirul mukminin berkata: "Aku berdiri dan berkata: "Ya Rasulullah! Apa amal yang paling utama di
bulan ini?" Jawab Nabi: Ya Abal Hasan! Amal yang paling utama di bulan ini adalah menjaga diri dari apa yang diharamkan Allah".

Marhaban Yaa Ramadhan...

Sabtu, 24 Juli 2010

Mangkuk Yang Cantik, Madu, dan Sehelai Rambut

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, Abu Bakar, Umar, dan Utsman datang bertamu ke rumah Ali. Di sana mereka dijamu oleh Fathimah, putri Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, sekaligus istri Ali bin Abi Thalib. Fathimah menghidangkan untuk mereka semangkuk madu. Ketika mangkuk itu diletakkan, sehelai rambut jatuh melayang dekat mereka.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam segera meminta para sahabatnya untuk membuat perbandingan terhadap ketiga benda tersebut, yaitu mangkuk yang cantik, madu, dan sehelai rambut.

Abu Bakar yang mendapat giliran pertama segera berkata,
“Iman itu lebih cantik dari mangkuk yang cantik ini. Orang yang beriman itu lebih manis dari madu, dan mempertahankan iman itu lebih susah dari meniti sehelai rambut.”


Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam tersenyum, lalu beliau menyuruh Umar untuk mengungkapkan kata-katanya. Umar segera berkata,
“Kerajaan itu lebih cantik dari mangkuk yang cantik ini. Rajanya lebih manis dari madu, dan memerintah dengan adil itu lebih sulit dari meniti sehelai rambut.”

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam kembali tersenyum, lalu berpaling kepada Utsman seraya mempersilakannya untuk membuat perbandingan tiga benda di hadapan mereka. Utsman berkata,
“Ilmu itu lebih cantik dari mangkuk yang cantik ini. Orang yang menuntut ilmu itu lebih manis dari madu, dan beramal dengan ilmu yang dimiliki itu lebih sulit dari meniti sehelai rambut.”

Seperti semula, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam kembali tersenyum kagum mendengar perumpamaan yang disebutkan para sahabatnya. Beliau pun segera mempersilakan Ali bin Abi Thalib untuk mengungkapkan kata-katanya. Ali berkata,
“Tamu itu lebih cantik dari mangkuk yang cantik ini. Menjamu tamu itu lebih manis dari madu, dan membuat tamu senang sampai kembali pulang ke rumahnya adalah lebih sulit dari meniti sehelai rambut.”

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam segera mempersilakan Fathimah untuk membuat perbandingan tiga benda di hadapan mereka. Fathimah berkata,
“Seorang wanita itu lebih cantik dari sebuah mangkuk yang cantik. Wanita yang mengenakan purdah itu lebih manis dari madu, dan mendapatkan seorang wanita yang tak pernah dilihat orang lain kecuali muhrimnya lebih sulit dari meniti sehelai rambut.”

Setelah mendengarkan perumpamaan dari para sahabatnya, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam segera berkata,
“Seorang yang mendapat taufiq untuk beramal lebih cantik dari mangkuk yang cantik ini. Beramal dengan perbuatan baik itu lebih manis dari madu, dan berbuat amal dengan ikhlas, lebih sulit dari meniti sehelai rambut.”

Malaikat Jibril yang hadir bersama mereka, turut membuat perumpamaan,
“Menegakkan pilar-pilar agama itu lebih cantik dari sebuah mangkuk yang cantik. Menyerahkan diri, harta, dan waktu untuk agama lebih manis dari madu, dan mempertahankan agama sampai akhir hayat lebih sulit dari meniti sehelai rambut.”

Allah Subhnahu WaTa’Ala pun membuat perumpamaan dengan firman-Nya dalam hadits Qudsi,
“Surga-Ku itu lebih cantik dari mangkuk yang cantik itu. Nikmat surga-Ku itu lebih manis dari madu, dan jalan menuju surga-Ku lebih sulit dari meniti sehelai rambut.”


Maraji':
MQ 102,7 FM Bandung

Senin, 18 Januari 2010

Indahnya Matematika, Lebih Indah Dia Yang Maha Kuasa

Pernah merasa muak melihat matematika? Merasa hidup tidak kan pernah bisa lepas dari matematika? Merinding, meriang, tidak enak badan bahkan merasa lebih baik ‘mati’ daripada bertatap muka dengan makhluk yang namanya matematika? Maka, “Bertasbihlah, lalu bertahmidlah, lalu bertahlillah, lalu bertakbir me-Maha Besarkan asma-Nya” (Tashiru – T4 (Tasbih, Tahmid, Tahlil, Takbir)) saat menlihat artikel ringan ini.

Maka perhatikanlah kekuasaan hukum Allah yang kita sebut matematika. Semoga Sahabat dapat melihat kebesaran serta hikmah juga ibrah lainnya di balik hukum-Nya ini.


1 x 8 + 1 = 9

12 x 8 + 2 = 98

123 x 8 + 3 = 987

1234 x 8 + 4 = 9876

12345 x 8 + 5 = 98765

123456 x 8 + 6 = 987654

1234567 x 8 + 7 = 9876543

12345678 x 8 + 8 = 98765432

123456789 x 8 + 9 = 987654321

Subhanallah, selain itu!:

1 x 9 + 2 = 11

12 x 9 + 3 = 111

123 x 9 + 4 = 1111

1234 x 9 + 5 = 11111

12345 x 9 + 6 = 111111

123456 x 9 + 7 = 1111111

1234567 x 9 + 8 = 11111111

12345678 x 9 + 9 = 111111111

123456789 x 9 +10 = 1111111111

Alhamdulillah, tidak hanya itu!:

9 x 9 + 7 = 88

98 x 9 + 6 = 888

987 x 9 + 5 = 8888

9876 x 9 + 4 = 88888

98765 x 9 + 3 = 888888

987654 x 9 + 2 = 8888888

9876543 x 9 + 1 = 88888888

98765432 x 9 + 0 = 888888888

Laillahailallah, lihat kekuasanan-Nya!:

1 x 1 = 1

11 x 11 = 121

111 x 111 = 12321

1111 x 1111 = 1234321

11111 x 11111 = 123454321

111111 x 111111 = 12345654321

1111111 x 1111111 = 1234567654321

11111111 x 11111111 = 123456787654321

111111111 x 111111111 = 12345678987654321

Sekarang, perhatikanlah ini:

Jika kita sering mendengar atau berfikir bahwa nilai ‘100%’ itu perfect atau sempurana, maka apakah kita tidak berfikir, “dapatkah sesuatu itu dapat bernilai leih dari sempurna, dari 100%?”. Betapa bersyukurnya mereka yang mendapatkan nilai baik sesuatu sebesar ‘100%’, padahal ada yang lebih dari itu. Dan itu dapat dibuktikan dalam ilmu matematika, statistika. Perhatikan:

Jika:

A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Kita umpamakan:

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26.

Maka jika kita jumlahkan:

H-A-R-D-W-O-R-K (kerja keras)

8+1+18+4+23+ 15+18+11 = 98%

Dan:

K-N-O-W-L-E-D-G-E (pengetahuan)

11+14+15+23+ 12+5+4+7+ 5 = 96%

Tapi:

A-T-T-I-T-U-D-E (akhlak baik)

1+20+20+9+20+ 21+4+5 = 100%

Allahuakbar! Ternyata kesempurnaan itu dapat dicapai. Tapi ada yang lebih dari itu, jika kita:

L-O-V-E-O-F-G-O-D (beriman kepada Allah)

12+15+22+5+15+ 6+7+15+4 = 101%

Subhanallah, alhamdulillah, laillahailallah, allahuakbar, ternyata lebih dari itu, sebuah alasan yang akan didapat jika kita dapat benar-benar melaksanakannya. Dan itu berarti, matematika, yang berupa sunatullah (hukum Allah) itu pun dapat berdzikir dan bertasbih dengan memerikan sebuah makna bahwa:

Disaat kerja keras dan pengetahuan mendekatkanmu pada kesempurnaan dan akhlak baik dapat memberikannya. Terlebih dari itu, sebuah balasan lebih baik jika beriman kepada Allah swt. dimana engkau akan ditempatkan di tempat terbaik disisi-Nya, zat yang melebihi nilai sempurna.

Semoga bermanfaat dan merefesh pikiran kita tentang matematika dan Dia yang Maha Kuasa.


Maraji':
Berbagai sumber

Edited:
Bumi Allah, 18 Muharram 1431 H – 4 Januari 2010 M
Annas Ta’limuddin Maulana

Selasa, 05 Januari 2010

Al-Qur'an dan Sains: Fisika


***

“Subhanallah, alhamdulillah, laillahailallah, allahuakbar!”, kembali rasanya diri ini untuk senantiasa berdzikir kepada Allah yang Maha Kuasa, dan benar-benar membuktikan kekuasaannya lewat kalam-Nya yang tentunya termaktub dalam Al-Qur’an, dimana Al-Qur’an ternyata telah membeberkan begitu banyak teori ilmu pengetahuan yang beru-baru ini ditemukan oleh ilmuan-ilmuan, sekaligus membuktikan bahwa Al-Qur’an ini benar-benar kalam-Nya dan bukan karangan seseorang yang kita kenal Muhammad saw. belaka.


***

Perhatian. Ini hanyalah sebagian kecil mujizat-mujizat Al-Qur’an terutama dari segi ilmu pengetahuan dari sekian banyak mujizat lainnya. Hanya untuk saling berbagi, membuktikan, juga memberi tahu. Resapi, jangan terheran, jangan terkaget. Inilah bukti otentik nyata itu. 14 abad yang lalu dan baru terungkap kemarin di abad 20 oleh para ilmuwan.

***

I. Kata Al-Qur’an Tentang Fisika

Siapa yang ga suka sama ilmu yang satu ini? Fisika! Pasti dengernya aja udah ngebuat otak pusing ga karuan iya ga? Tapi subhanallah, ternyata ilmu yang katanya ‘paling pusing dan membingungkan’ ini ternyata diberitakan sebelumnya oleh Al-Qur’an 1400 tahun yang lalu. Tentunya membuktikan bahwa kita suci itu diturunkan langsung oleh Dia yang Maha Mengetahui dan bukan karangan nabi Muhammad saw. belaka. Coba simak dan perhatikan:

a. Teori Partikel Proton Oleh E. Goldstein Dan Partikel Elektron Oleh J. J. Thomson

Seperti yang kita tahu, struktur terkecil dari pembentukan alam semesta adalah atom. Dan subhanallh, tidak sampai disana saja, ternyata atom masih dapat dibagi kembali menjadi proton, bagian atom yang bermuatan positif dan elektron, bagian dari atom yang bermuatan negatif, selain neutron, bagian atom yang bermuatan netral.

Dan selama setengah abad lebih yang lalu kita hanya percaya bahwa atom hanya terbagi menjadi proton yang ditemukan ilmuan bernama E. Goldstein dan neoutron yang ditemukan oleh Ernest Rutherford. Hingga akhirnya J. J. Thomson, seorang fisikawa menemukan partikel elektron.

Dan itu telah diberitakan sebelumnya jika oleh Al-Qur’an jika Thomson memperhatikan bahwa:

"Maha Suci Tuhan yang telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka maupun dari apa yang tidak mereka ketahui." (QS Yaasin [36]: 36)

Meskipun gagasan tentang "pasangan" umumnya bermakna laki-laki dan perempuan, atau jantan dan betina, ungkapan "maupun dari apa yang tidak mereka ketahui" dalam ayat di atas memiliki cakupan yang lebih luas. Kini, cakupan makna lain dari ayat tersebut telah terungkap. Ilmuwan Inggris, Paul Dirac, yang menyatakan bahwa materi diciptakan secara berpasangan, dianugerahi Hadiah Nobel di bidang fisika pada tahun 1933.

Penemuan ini, yang disebut "parité", menyatakan bahwa materi berpasangan dengan lawan jenisnya: anti-materi. Anti-materi memiliki sifat-sifat yang berlawanan dengan materi. Misalnya, berbeda dengan materi, elektron anti-materi bermuatan positif, dan protonnya bermuatan negatif. Fakta ini dinyatakan dalam sebuah sumber ilmiah sebagaimana berikut:

"... setiap partikel memiliki anti-partikel dengan muatan yang berlawanan ... ... dan hubungan ketidakpastian mengatakan kepada kita bahwa penciptaan berpasangan dan pemusnahan berpasangan terjadi di dalam vakum di setiap saat, di setiap tempat."

Subhanallah. sungguh Dia yang memegang kekuasaan alam semesta.

b. Teori Relativitas Oleh Albert Einstein

Merupakan rahasia umum bahwa ini merupakan sebuah master piece dari seorang ilmuan berkebangsaan Jerman bernama Albert Einstein, dimana berkat penemuan menakjukannya yang dapat mencengankan seluruh isi dunia tersebut, Einstein mendapat sebuah gelar sebagai manusia paling jenius yang pernah ada.

Teori ini menjelaskan kita tentang sebuah konsep yang relatif, dan waktu dapat berubah tergantung keadaannya. Ilmuwan besar, Albert Einstein, secara terbuka membuktikan fakta ini dengan teori relativitas. Ia menjelaskan bahwa waktu ditentukan oleh massa dan kecepatan. Dalam sejarah manusia, tak seorang pun mampu mengungkapkan fakta ini dengan jelas sebelumnya. –pasti Sahabat pusing, ga ngeti maksudnya? –

Mudahnya, kita analogikan teori ini dengan sebuah cerita:

1. Jika ada manusia yang pergi dan kemudian tinggal di planet Merkurius –planet yang paling dekat dengan matahari– dan planet Neptunus –planet yang paling jauh dari matahari–, kemudian kita bandingkan akan menghasilkan data bahwa –data diambil jika Bumi merupakan ukuran normal–:

1. Manusia yang tinggal di Merkurius, akan awet muda dan usianya akan tidak mudah bertambah daripada manusia yang tinggal di Bumi. Karena Merkurius lebih cepat pergerakan rotasi dan revolusinya daripada Bumi dan Neptunus.
2. Dan manusia yang tinggal di Neptunus, akan cepat tua dan usianya akan mudah bertambah daripada manusia yang tingla di Bumi. Karena Neptunus lebih lambat pergerakan rotasi dan revolusinya daripada Bumi dan Merkurius.

2. Artinya jika ada manusia yang bergerak cepat melebihi atau sama dengan kecepatan cahaya akan menyebabklan usia yang akan lebih awet muda daripada manusia yang lebih lamban bergerak.

Dan itu telah dibuktikan oleh sebuah rumus: E = MC2 yang telah dikemukakan oleh Einstein.

Tapi ada perkecualian; Al Qur'an telah berisi informasi tentang waktu yang bersifat relatif! Sejumlah ayat yang mengulas hal ini berbunyi:

"Dan mereka meminta kepadamu agar azab itu disegerakan, padahal Allah sekali-kali tidak akan menyalahi janji-Nya. Sesungguhnya sehari di sisi Tuhanmu adalah seperti seribu menurut perhitunganmu." (QS Al-Hajj [ 22]: 47)

"Dia mengatur urusan dari langit ke bumi, kemudian (urusan) itu naik kepada-Nya dalam satu hari yang kadarnya adalah seribu tahun menurut perhitunganmu." (QS As-Sajdah [32]: 5)

"Malaikat-malaikat dan Jibril naik (menghadap) kepada Tuhan dalam sehari yang kadarnya limapuluh ribu tahun." (QS Al-Ma’aarij [ 70]: 4)

Dalam sejumlah ayat disebutkan bahwa manusia merasakan waktu secara berbeda, dan bahwa terkadang manusia dapat merasakan waktu sangat singkat sebagai sesuatu yang lama:

"Allah bertanya: 'Berapa tahunkah lamanya kamu tinggal di bumi?' Mereka menjawab: 'Kami tinggal (di bumi) sehari atau setengah hari, maka tanyakanlah kepada orang-orang yang menghitung.' Allah berfirman: 'Kamu tidak tinggal (di bumi) melainkan sebentar saja, kalau kamu sesungguhnya mengetahui'." (QS Al-Mu’minuun [23]: 122-114)

Coba perhatikan ayat-ayat tersebut dengan seksama. Jika Sahabat jeli, ayat tersebut memberikan informasi secara tersirat yang akhirnya dikemukakan oleh Einstein 1400 tahun kemudian.

Fakta bahwa relativitas waktu disebutkan dengan sangat jelas dalam Al Qur'an, yang mulai diturunkan pada tahun 610 M, adalah bukti lain bahwa Al Qur'an adalah Kitab Suci. Sungguh Dia Maha Jenius daripada Einstein.

c. Teori Besi Bukan Unsur Yang Bersumber Dari Planet Bumi

Seperti yang kita tahu bahwa unsur Fe dalam kimia atau yang lebih kita kenal sebagai besi adalah sebuah unsur pembentuk yang ada di bumi. Dan subhanallah besi adalah salah satu unsur yang dinyatakan secara jelas dalam Al-Qur'an. Dalam Surat Al-Hadiid, yang berarti "besi", kita diberitahu sebagai berikut:

"...Dan Kami ciptakan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia,..." (QS Al-Hadiid [ 57]: 25)

Kata "anzalnaa" yang berarti "kami turunkan" khusus digunakan untuk besi dalam ayat ini, dapat diartikan secara kiasan untuk menjelaskan bahwa besi diciptakan untuk memberi manfaat bagi manusia. Tapi ketika kita mempertimbangkan makna harfiah kata ini, yakni "secara bendawi diturunkan dari langit", kita akan menyadari bahwa ayat ini memiliki keajaiban ilmiah yang sangat penting.

Ini dikarenakan penemuan astronomi modern telah mengungkap bahwa logam besi yang ditemukan di bumi kita berasal dari bintang-bintang raksasa di angkasa luar.

Logam berat di alam semesta dibuat dan dihasilkan dalam inti bintang-bintang raksasa. Akan tetapi sistem tata surya kita tidak memiliki struktur yang cocok untuk menghasilkan besi secara mandiri. Besi hanya dapat dibuat dan dihasilkan dalam bintang-bintang yang jauh lebih besar dari matahari, yang suhunya mencapai beberapa ratus juta derajat. Ketika jumlah besi telah melampaui batas tertentu dalam sebuah bintang, bintang tersebut tidak mampu lagi menanggungnya, dan akhirnya meledak melalui peristiwa yang disebut "nova" atau "supernova". Akibat dari ledakan ini, meteor-meteor yang mengandung besi bertaburan di seluruh penjuru alam semesta dan mereka bergerak melalui ruang hampa hingga mengalami tarikan oleh gaya gravitasi benda angkasa.

Semua ini menunjukkan bahwa logam besi tidak terbentuk di bumi melainkan kiriman dari bintang-bintang yang meledak di ruang angkasa melalui meteor-meteor dan "diturunkan ke bumi", persis seperti dinyatakan dalam ayat tersebut: Jelaslah bahwa fakta ini tidak dapat diketahui secara ilmiah pada abad ke-7 ketika Al Qur'an diturunkan.

Subhanallah, selama ini kita meyakini bahwa besi merupakan salahsatu unsur pembentuk bumi, ternyata semua itu salah atas landasan sebuah teori yang ternyata telah terungkap sebelumnya, 1400 tahun yang lalu.

***

Sekilas mujizat Al-Qur’an dalam satu hal, yaitu ilmu pengetahuan. Dikala ilmu pengetahuan masih minim, belum ditemukannya teori-teori yang terungkap dari seorang ilmuwan, disaat itu pulalah, 1400 tahun yang lalu, Al-Qur’an sebuah kitab master piece maestro dari ‘Sang Pengarangnya’ telah bercerita kepada kita.

Kembali penulis menantang, “Adakah mujizat ini tertandingi? Adakah kitab lainnya yang seperti ini?”


Maraji’:
E-Book: Harun Yahya – Penciptaan Alam Semesta (From: E-Book Islami 1428 H – ITSAR Production)


Edited:
Bumi Allah, 19 Muharram 1431 H – 5 Januari 2010 M
Annas Ta’limuddin Maulana